Skip to main content

Artikel Pentingnya Kehidupan Bernegara dalam Konsep NKRI

PENTINGNYA KEHIDUPAN BERNEGARA DALAM KONSEP NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DENGAN PELAJARAN PKN BAGI SISWA SMAN 10 FAJAR HARAPAN
   
                          Disusun
     Oleh:
                                  Nama: Fiki Amalia
                                  NISN: 9987533912
                                  Kelas: XI MIA 4




DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SMA NEGERI 10 FAJAR HARAPAN KOTA BANDA ACEH
                                       2014/2015
JL.Fajar Harapan, Desa Ateuk jawo, Kec.Baiturrahman, Kota Banda Aceh, No.Telp  0651-7460433 Provinsi Aceh


KATA PENGANTAR
          Puji syukur kita panjatkan ke hadirat ALLAH SWT. atas berkat rahmat dan hidayahnya-Nya artikel yang berjudul Pentingnya kehidupan bernegara dalam konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan pelajaran PKN bagi siswa SMAN 10 Fajar Harapan dapat diselesaikan dengan baik. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan dukungan. Adapun pihak-pihak yang telah membantu selesainya artikel ini diantaranya:
1.     Orang tua saya (Ibu Ainun Mardhiah) yang telah mendukung proses terbuatnya artikel ini.
2.     Bapak Drs.Zulkarnain selaku Kepala Sekolah SMAN 10 Fajar Harapan,
3.      Ibu Cut Anizar, S.Pd. selaku guru pembimbing pembuatan artikel ini.
Penulis sangat mengharapkan adanya kritikdan saran atas penulisan artikel ini karena penulis menyadari bahwa karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna.

                                                               Banda Aceh, 04 April 2015


                                                                            Penulis




ABSTRAK
Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik yang wilayahnya merupakan kesatuan dari ribuan pulau. Sehingga meskipun Indonesia terdiri dari berbagai keanekaragaman penduduknya yang tersebar di berbagai pulau besar dan  kecil tidak menjadikan bangsa Indonesia bercerai berai. Jadi dengan adanya pelajaran PKN di SMAN 10 Fajar Harapan dan sekolah lain yang ada di Indonesia dapat membentuk karakter untuk bersatu meskipun di SMAN 10 Fajar Harapan terdiri dari sejumlah siswa-siswi yang berasal dari daerah-daerah yang berbeda sehingga tidak ada yang bercerai berai, semuanya sama. 

Kata Kunci : Negara Kesatuan Republik Indonesia












DAFTAR  ISI
KATA PENGANTAR...............................................................................................................  i
ABSTRAK.................................................................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................................  1
1.1   Latar Belakang...................................................................................................................... 1
1.2   Rumusan Masalah................................................................................................................. 1
1.3   Tujuan Penulisan................................................................................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN...........................................................................................................  2
BAB III PENUTUP.................................................................................................................... 5
3.1   Kesimpulan.................................................................................................................................. 5
3.2   Saran...........................................................................................................................................  5
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................. 6








              BAB I
PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
Kehidupan bernegara dalam konsep negara kesatuan republik Indonesia adalah kehidupan dalam bernegara dengan konsep kesatuan tanpa membeda-bedakan suku, ras dan agama. Karena negara Indonesia adalah negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau, maka hal itu sangat ditakutkan akan terpecahnya Negara Kesatuan Republik Indonesia ini. Oleh karena itu kehidupan bernegara dalam konsep negara kesatuan  sangat penting dipelajari dalam pelajaran PPKN oleh setiap murid di Indonesia termasuk siswa SMAN 10 Fajar Harapan yang merupakan bagian dari Indonesia sendiri untuk menanamkan rasa kesatuan dan persatuan di dalam diri siswa-siswi SMAN 10 Fajar Harapan. Setiap warga negara Indonesia harus mempunyai rasa cinta tanah air agar rasa persatuan dan kesatuan itu tercipta dengan sendirinya dari diri setiap warga negara Indonesia.
1.2   Rumusan Masalah
1.2.1          Mengapa kehidupan bernegara dalam konsep NKRI sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan kita?
1.2.2          Bagaimana pembelajaran kehidupan bernegara dalam konsep NKRI dalam pelajaran PKN?
1.2.3          Bagaimana kehidupan bernegara dalam konsep NKRI yang diterapkan oleh SMAN 10 Fajar Harapan?

1.3   Tujuan Penulisan
Mengetahui pentingnya kehidupan bernegara dalam konsep NKRI dengan pelajaran PKN bagi siswa SMAN 10 Fajar Harapan









BAB II
PEMBAHASAN
Pasal 25 A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menentukan bahwa “Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan oleh undang-undang”. Negara Republik Indonesia  sebelumnya pernah mengalami pergantian bentuk negara, dari kesatuan menjadi federal/serikat pada masa berlakunya Konstitusi RIS tanggal 27 Desember 1949 sampai dengan 17 Agustus 1950. Perubahan tersebut dikarenakan kesepakatan yang terjadi dalam Konferensi Meja Bundar(KMB). Akan tetapi hal tersebut tidak bertahan lama. Hal ini menunjukkan bagi bangsa Indonesia, konsep negara serikat tidak cocok diterapkan di Indonesia.
Kesepakatan untuk tetap mempertahankan bentuk negara kesatuan di dasari pertimbangan bahwa negara kesatuan adalah  
Konsep kehidupan bernegara berdasarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia  merupakan konsep dalam hidup bernegara dengan cara pandang yang sama. Cara pandang bangsa Indonesia tersebut mencakup:
·         Perwujudan kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan politik
·         Bahwa keutuhan wilayah nasional dengan segala kekayaannya merupakan satu kesatuan mitra seluruh bangsa, serta mmenjadi modal dan milik bersama bangsa.
·         Bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah, memeluk dan meykini berbagaia agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.
·         Bahwa secara psikologis, bangsa Indonesia harus merasa satu, senasib sepenanggungan, sebangsa dan setanah air, serta mempunyai satu tekad dalam mencapai cita-cita bangsa.
·         Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara, yang melandasi dan membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya.
·         Kehidupan politik di seluruh wilayah nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
·         Bahwa seluruh kepulauan nusantara merupakan kesatuan hukum, dalam arti bahwa hanya ada satu hukum yang mengabdi kepada kepentingan nasional
·         Dll.
Setiap negara pasti mempunyai pondasi/pilar/dasar-dasar negara, begitu juga halnya dengan Indonesia mempunyai pilar-pilar dalam kehidupan bernegara dan berbangsa, tidak hanya 1 tetapi ada 3 pilar.Konsep ini digagas oleh alm Taufik Kiemas, beliau menggagas konsep ini mengingat empat pilar ini adalah mutlak dan tidak bisa dipisahkan dalam menjaga dan membangun keutuhan bangsa. Seperti halnya sebuah bangunan dimana untuk membuat bangunan tersebut menjadi kokoh dan kuat, dibutuhkan pilar-pilar atau penyangga agar bangunan tersebut dapat berdiri dengan kokoh dan kuat, begitu halnya juga dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini.
Macam-macam 3 pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara:
1.       Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia.
2.       Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, atau disingkatnUUD 1945 atau UUD '45, adalah dasar tertulis(basic law), konstitusi pemerintahan negara Republik Indonesia saat ini.
3.       Bhinneka Tunggal Ika.
Tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terdapat dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 alinea keempat yaitu “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.
Dari rumusan tersebut, tersirat adanya tujuan nasional yang ingin dicapai sekaligus merupakan tugas yang harus dilaksanakan oleh Negara, yaitu:
1.       Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia;
2.       Memajukan kesejahteraan umum;
3.       Mencerdaskan kehidupan bangsa;
4.       Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan,   perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
Untuk mencapai tujuan tersebut, seluruh warga Indonesia harus bersatu tanpa membeda-bedakan apapun. Dengan begitu tujuan Negara Kesatuan Republik Indonesia akan teracapai dengan mudah. Oleh karena itu, persatuan itu harus dimulai dari hal yang paling kecil. Dari tingkat lingkungan masyarakat, sekolah baru kemudian negara. Jadi, sebagai murid kita harus memulainya dari hal kecil di sekolah kita tidak membeda-bedakan antar sesama teman.
Di SMAN 10 Fajar Harapan telah dibuat peraturan agar tidak membeda-bedakan antara teman yang satu dan yang lainnya. Semuanya sama jadi harus berteman dengan semuanya. Kita juga berharap agar itu tidak hanya di terapkan di satu sekolah saja tetapi di setiap sekolah yang ada di Indonesia. Setelah hal tersebut terwujud, maka siswa-siswi Indonesia juga akan mudah bertoleransi dengan masyarakat lain ketika mereka keluar dai daerahnya.
Pemerintah berusaha mewujudkan kehidupan bernegara dalam konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan menjadikan hal tersebut materi dalam pelajaran PKN. Jika hal tersebut sudah terwujud maka Indonesia akan menjadi negara yang seluruh rakyatnya kompak sehingga dapat membuat Indonesia lebih maju dalam segala bidang.


















BAB III
PENUTUP
3.1   Kesimpulan
Indonesia  merupakan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang wilayahnya terdiri atas ribuan pulau, yang memiliki beragam kebudayaan, suku, dan agama. Akan tetapi perbedaan tersebut bukanlah masalah karena Indonesia mempunyai prinsip walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu. Perbedaan tersebut bersatu menjadi satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa yaitu Indonesia. Oleh karena itu kehidupan bernegara dalam konsep NKRI sangat penting dipelajari dalam pelajaran PKN. Karena PKN merupakan pelajaran yang mengajarkan tentang kehidupan sosial, hukum negara, dan hal lainnya tentang kehidupan bernegara. Kehidupan bernegara dalam konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia harus diterapkan di seluruh wilayah Indonesia agar terhindar dari terjadinya peristiwa-peristiwa perpecahan, permusuhan, dan hal yang tidak diinginkan lainnya.


3.2   Saran
Saran yang kami anjurkan adalah untuk pemerintah agar terus menjalankan pemerintahan negara ini dalam bentuk republik. Kemudian agar pemerintah terus mengupayakan agar persatuan dan kesatuan tersebut berjalan dengan baik. Saran bagi masyrakatnya yaitu agar masyarakat menciptakan dan menjaga keharmonisan antar daerah satu dengan yang lainnya supaya tidak terjadinya perpecahan karena perbedaan yang ada di daerah Indonesia. Untuk SMAN 10 Fajar Harapan kehidupan bernegara dalam konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah diterapkan dengan baik dapat kita lihat dengan tidak adanya perbedaan yang memisahkan siswa-siswi yang berasal dari daerah yang satu dengan yang lain.







DAFTAR PUSTAKA


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CONTOH TEKS ULASAN Keberanian dan Kebaikan Cinderella Judul : Cinderella Tahun Terbit : 2015 Sutradara : Kenneth Branagh Produser: Simon Kinberg, David Barron, Allison Shearmur Penulis Skenario : Aline Brosh McKenna, Chris Welts Pemain : Lily James, Richard Madden, Helena Bonham Carter, Cate Blanchett, Holliday Grainger, Sophie McShera Cinderella adalah film fantasi romantis Britania Raya yang disutradarai oleh Kenneth Branagh, dengan skenario ditulis oleh Chris Weitz. Diproduseri oleh David Barron, Simon Kinberg dan Allison Shearmur untuk Walt Disney Pictures, kisah film ini terinspirasi oleh dongeng Cinderella karya Charles Perrault, dan menggunakan nama-nama karakter dari film Walt Disney tahun 1950 berjudul sama. Film ini dibintangi Cate Blanchett sebagai Lady Tremaine (ibu tiri jahat), dengan Lily James sebagai peran utama Ella ("Cinderella"),Richard Madden sebagai Pangeran Tampan, Sophie McShera sebagai Drizella, Holliday Grainger sebagai Anastasia, dan

Laporan Hukum Mendel

LAPORAN PRAKTIKUM HUKUM MENDEL                                                                                      Disusun oleh : Fiki Amalia Firani Luvita Nabilla Abdullah Rabiatul Na Fatin  Utari Nur Amalina SMAN 10 FAJAR HARAPAN TAHUN AJARAN 2015/2016 Tabel Hasil Pengamatan No. Pasangan Turus Jumlah 1 Hitam – hitam IIIII   IIIII 10 2 Hitam – putih IIIII   IIIII   IIIII   IIIII 20 3 Putih – putih IIIII   IIIII 10 Jumlah seluruhnya 40 Pertanyaan 1.        Dari hasil pencatatan data di atas, buatlah perbandingan frekuensi antara pasangan-pasangan : (hitam-hitam) : (hitam-putih) : (putih-putih)  = 1 : 2 : 1 2.        Kalau pasangan-pasangan model gen hitam-putih disusun sedemikian rupa sehingga model gen hitam di atas yang putih, warna apa yang tertutup dan warna apa yang menutupnya